17 September 2013

FASIS di Curva Nord Inter

Hari ini admin mau share tentang paham politik Ultras sayap kanan yang dianut oleh Curva Nord. Lumayan berat tapi penting dan menarik..

Curva Nord Inter secara umum menganut paham sayap kanan yang berlandaskan FASIS ala Mussolini. Apa itu fasis? Dan siapa Mussolini? Fasis Mussolini dalam ultras merupakan paham anti demokrasi, mengedepankan kekerasan dalam penegakan aturan, perbedaan kasta, anti parlemen. Sehingga FASIS cenderung disamakan dengan RASIS padahal itu berbeda walaupun ada beberapa kelompok ultras radikal sayap kanan yang rasis. Sedangkan Mussolini dianggap sebagai pelopor paham FASIS di Italy yg menggunakan kekerasan dan perbedaan kasta dalam pemerintahan. Di Curva Nord sendiri, paham FASIS ini dijalankan dengan "baik" oleh SKINS. Kekerasan, lambang fasis, dan pakaian ala militer. Salam ala nazi, lambang swastika, ide gila penaklukan ultras di italy, dan rasialisme dipraktekkan SKINS dgn sempurna.


Tapi BoysSAN lah yang bertanggung jawab dalam pengenalan FASIS di Curva Nord. Lambang2 swastika sering ditunjukkan.


BoysSAN juga lah yang membuka pertemanan antar sesama kelompok Ultras sayap kanan di seluruh dunia.


Bagaimana dengan paham politik sayap kanan Curva Nord yang FASIS di era saat ini? BoysSAN dan Viking sudah tidak lagi mempraktekkan paham ini kecuali, Irriducibili yang masih melestarikan paham FASIS tanpa RASIS. Logo fasis masih sering ditunjukkan oleh kelompok Irriducibili, tanda mereka masih eksis sebagai ultras sayap kanan.


Begitu juga dengan BoysRoma yang paham fasisnya masih kental karena berasal dari pusat paham fasis yaitu kota Roma.


Nah bagaimana dengan Milano Nerrazzura, ULTRAS Inter dan Briaza Alcoolica? Sayangnya mereka menjadi kelompok yang condong ke sayap kiri. MN, Ultras, dan BA lebih mengutamakan mendukung Inter tanpa embel2 politik dll. Ini juga alasan mereka ber3 dipisahkan di bagian kanan CN. Inilah juga alasan, BoysSAN sering bertikai dengan MN dan jarang memberikan jatah tiket away kepada mereka. 


Siapa saja para Ultras sayap kanan di Italy? Rata2 Ultras di Italy berpaham FASIS. Yang paling menyolok? Irriducibili Lazio.!! Sering kita melihat salam fasis pemain Lazio seperti Di Canio dan Radu kepada Curva Nord Lazio. 


Lambang2 fasis sangat kental di Curva Nord Lazio.


Sayangnya, paham FASIS di Lazio cenderung RASIS. Masih ingat teriakan rasis Ultras Lazio kpd Fabio Liverani yang notabene pemainnya sendiri? Atau teriakan rasis Ultras Roma kepada pemain Lazio Manfredini? 

FASIS yang RASIS juga kental di tanah spanyol yaitu Ultras Sur Real Madrid. 

Sur Real Madrid memang terkenal dengan rasialisme yang cukup tinggi. Lambang2 fasis akan sangat terlihat jika kelompok Ultras bertandang ke satu tempat. Termasuk CN, sebagai tanda bahwa mereka adalah Ultras yang berpaham sayap kanan.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar