18 September 2013

Gemellaggio

Mungkin sebagian besar Interista sdh tau ya arti Gemellaggio.. disini Admin mau bahas lagi ya buat pencerahan kembali... 

- Gemellagi (Gamellagio) secara umum -
Gemellagi merupakan hal yang berbeda dengan friendship. Gamellagi lebih merupakan "kerja sama" antar kelompok Ultras di dua klub berbeda. Gemellaggi bahkan mencakup kerjasama manajemen, dimana beberapa leader kelompok ultras yang telah masuk di manajemen klub dapat berpengaruh. Gemellaggi paling dikenal di Italy antara lain Inter dan Lazio, Milan dan Brescia, Juventus dan Pescara. Gamellaggi Inter dan Lazio lebih mengakar hingga ke management Inter. Berbeda dengan persahabatan Inter dengan Varese yang hanya di tribun. Inter akan menjadi prioritas pertama penjualan pemain dari Lazio, begitu juga sebaliknya. Inter dengan mudah mendapat pemain dari sana.! Jika anda sahabat Inter, anda adalah sahabat Lazio. Itulah yang menyebabkan Ultras Inter dekat dgn West Ham, atau Lazio dgn Ultras Yomus. Karena Irr Lazio lah Inter akhirnya bersahabat dengan Ultras Sur Madrid, West Ham, Ultras Verona. 



Dan karena CN69 Inter lah, para Ultras Lazio bersahabat juga dengan Liverpool da Ultras Yomus Valencia. 



Bahkan Ultras Yomus Valencia sudah sangat dekat dengan Curva Nord Lazio.


Tahun 80'an, Boys Sez Roma menjalin persahabatan dengan Ultras asal Lazio Eales. 


FYI : Boys Sez Roma merupakan kelompok Ultras Inter asal kota Roma. Tapi persahabatan Boys Sez Roma dan Eagles tidak terlalu mendapat perhatian karena BSR hanyalah kelompok kecil Ultras Inter. Selain itu, BSR juga tdk bermukim di Milan, markas para Ultras Curva Nord Inter, sehingga BSR dianggap berdualisme mendukung Inter dan Lazio. Tapi semua berubah pada tahun 1987 saat Irriducibili Lazio menempati Curva Nord Lazio pertama kalinya. 


Irriducibili dengan leader mereka Fabrizio Toffolo merubah pemetaan Ultras di Italy dengan 2 tipe. KAWAN dan LAWAN. Dan Inter dianggap kawan oleh para Irriducibili karena 2 faktor penting. Pertama karena kedekatan Boys Sez Roma dengan Lazio, bukan Roma. Dan yang ke dua adalah sepahamnya Lazio dan Inter dari segi sejarah awal pembentukan klub, paham Ultras, hingga kedekatan petinggi klub. Puncaknya pada tahun 1992, saat Irriducibili Lazio menguasai Curva Nord Lazio dan bubarnya kelompok Eagles. 



Di tahun 1992 itulah Gemellaggio antara Inter dan Lazio lahir, setelah 2000 Ultras Lazio pergi ke Meazza. Ya, 2000 Ultras Lazio bertandang ke Meazza, mereka dibawa oleh Boys Sez Roma dan diterima oleh Viking dan BoysSAN. Tapi sayang, niat baik persahabatan Irr Lazio awalnya diacuhkan oleh kelompok ULTRAS yang merupakan kelompok tertua ke2. 



Forever Ultras (ULTRAS) menolak ide persahabatan ini karena menganggap Irr Lazio adalah kelompok radikal, sama seperti SKINS Inter dahulu. Perjuangan Gemellaggio pun bukan hanya ditentang kelompok ULTRAS Inter, tetapi juga para kelompok ultras Lazio. Perjuangan Gemellaggio akhirnya di uji pada tahun 1998, saat Inter dan Lazio bertemu pada final UEFA di Prancis. 



3 hari sebelum pertandingan, 2 leader dari Curva Nord Inter dan Curva Nord Lazio bertemu dan menandatangani nota kesepakatan damai di Roma. Dan mulai sejak itulah, Curva Nord Inter dan Curva Nord Lazio ber Gemellaggio. 


TIDAK PERNAH ada insinden yang terjadi antara kedua belah pihak, bahkan persahabatan mereka sangat dekat hingga ke manajemen. Masih ingat bagaimana Curva Nord Lazio memecat Zac saat Lazio mengalahkan Inter? 


Atau bagaimana Lazio dengan mudahnya menjual para pemain penting mereka ke Inter? Dan Laziale bangga dengan hal itu? 


Atau bagaimana dengan 30 ribu ultras Inter dan Lazio yang pergi bersama dari Italy ke Beijing saat SuperCopa Italy.


Atau Coreografi Curva Nord Inter yang didalamnya berisi 1500 Laziale yang ditujukan untuk Gabriele Sandri.


Atau juga 50'an Laziale dari kelompok Lazio Fans yang sering hadir di Curva Nord Inter saat Inter bertanding.


Dari Curva Sud Inter..


dan juga Templari Inter.


atau Sebelum kick off, Curva Nord Lazo membentangkan banner untuk para Interisti.


"Tahun akan berakhir, tapi tidak dengan persahabatan. Hormat kepada Interista di Curva"


Lalu para Curva Nord Inter yang ada disana pun membalas banner gemellaggio dari para Curva Nord Lazio.


"Kami dan Laziale, Teman dari/karena nilai dan idealisme yang sama sejak lama"


Curva Nord Inter : "Sahabat kalian (Interisti) menunggu kamu (Laziale), Dase Elvis". 
FYI : "Elvis" biasanya merupakan nama Bar/Tempat tempat para kelompok Ultras bertemu. 

5 Mei 2002, hari penting bagi Inter dan para Ultras Curva Nord Inter. Penting bagi Inter, karena itu merupakan laga penentuan Scudetto. 30 menit sebelum kick off, para leader kelompok curva nord Inter turun dari tribun Inter. 

Tapi bagi para Ultras Curva Nord Inter dan Lazio, itu lebih daripada sebuah pertandingan penting.. Dengan membawa banner dan bendera Inter, para CN Inter bergerak ke Curva Nord Lazio. 


Dan para Irriducibili Lazio memberi salut kepada para Curva Nord Inter ini dari tribun Corva Nord Lazio. Saluta. 


Selain ber'gemellaggio, sebenarnya para CN Inter merayakan bebasnya Yori Bojinov (Leader Irr Lazio) dkk dari penjara.


Yori, merupakan tokoh penting dalam bersatunya Inter dan Lazio dalam Gemellaggio. Setelah itu, chant "milano siamo noi" dan "a roma c'e solo lazio" diteriakkan puluhan ribu Interista di Olimpico. 



Dan langsung dibalas dengan chant "Ale Inter Ale" dan beberapa bendera Inter dikibarkan di Curva Nord Lazio.


5 Mei 2002, Perebutan Scudetto, gemellaggio, dan perayaan kembalinya tokoh penting gemellaggio dari Irr Lazio.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar